PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs AL-MUHAJIRIN BANDAR LAMPUNG

Iskandar , Aziez (2017) PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs AL-MUHAJIRIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of aziez.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara masalah pembinaan sama dengan berbicara pada tujuan pendidikan Islam. Pembinaan merupakan suatu kegiatan mempertahankan dan menyempurnakan apa yang telah ada dan dilakukan secara berulang-ulang. Pembinaan akhlak juga harus diberikan kepada anak sejak usia dini serta harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, pemerintah maupun pihak-pihak lain secara kontinu agar mereka dapat memiliki akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta mampu menjauhi akhlak yang buruk. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa sekolah dan dewan guru wajib memberikan suri tauladan dan senantiasa mencurahkan perhatiannya kepada peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan beribadah untuk mewujudkan peserta didik yang berkhlak mulia sesuai dengan agama Islam. Maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al-Muhajirin Bandar Lampung?” Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MTs Al-Muhajirin Bandar Lampung, sedangkan untuk data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak anak. Data dianalisis dengan kualitatif melalui melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwasannya dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Muhajirin Bandar Lampung menggunakan metode-metode yang sesuai seperti melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat atau pemahaman, dan pemberian hukuman atau peringatan. Namun, dalam penelitian penulis menemukan bahwa proses pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Muhajirin Bandar Lampung ini adalah dari personal diri pribadi peserta didik dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, jadi peserta didik masih melakukan penyimpangan perilaku karena kurangnya pertahanan diri peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman, rendahnya perhatian orang tua peserta didik dalam proses pembinaan kepribadian, latar belakang keluarga yang kurang harmonis (broken home) dan ekonomi lemah, ketidaklancaran dana pendidikan, dan kurangnya masyarakat sekitar dalam membantu kelancaran proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:52
Last Modified: 19 Jul 2017 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item