PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN

Reflisia, Winda (2017) PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_WINDA.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Supervisi merupakan suatu usaha dalam memberikan bantuan dan bimbingan kepada guru untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses belajar mengajar yang efektif sehingga prestasi siswa meningkat dan tujuan pendidikan pun tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi kepala madrasah di MTs Negeri 1 Lampung Selatan. Peran supervisi kepala madrasah memiliki 10 indikator yang berupa: a).Membantu guru melihat dengan jelas proses belajar mengajar sebagai suatu sistem dengan melakukan supervisi kedalam kelas, b).Membantu guru melihat dengan jelas tujuan pendidikan dengan mengikut srtakan guru mengikuti simar dan pelatihan, c).Membantu guru menyiapkan metode mengajar yang lebih baik dengan mengoreksi metode apa yang akan menjadi metode mengajar, d).Membantu menyiapkan kegiatan belajar mengajar, e).Membantu guru menggunakan sumber pengalaman belajar dengan melakukan praktek-praktek dilingkunga madrasah, f).Membantu guru menciptakan alat peraga pembelajaran dan aplikasinya dengan memberikan kebebasan kepada guru untuk menhasilkan alat peraga pembelajaran, g).Membantu guru menyusun program belajar mengajar dengan memberikan masukan jika masih ada progam yang kurang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, h).Membantu menyusun tes prestasi belajar, kepala madrsah hanya mengawasi dari jauh tidak terlibat langsung dalam menyusun tes prestasi siswa i).Membantu guru belajar mengenal siswa dengan memberikan suport dan dukungan kepada guru, j).Membantu guru meningkatkan moral dan kenyamanan bekerja dengan menciptaka kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi lapangan, wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran supervisi kepala madrasah di MTs Negeri 1 Lampung selatan sudah baik. Kepala Madrasah telah melakukan perannya secara baik dalam membantu guru dalam proses belajar mengajar, hal ini terbukti dari wawancara kepala madrasah menyebutkan bahwa kepala madarsah melakukan supervisi satu atau dua kali dalam satu tahun dikarenakan jadwal kepala sekolah yang jarang berada di sekolah dikarenakan adanya rapat di luar madrasah atau ada tamu yang datang ke madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:30
Last Modified: 19 Jul 2017 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item