PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS TEKNIK MNEMONIK VERBAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Kumalasari, Wita (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS TEKNIK MNEMONIK VERBAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah pada dasarnya masih terbatas dalam penggunaan media belajar. Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran masih sangat minim, khususnya buku saku digital biologi. Menurut siswa media yang digunakan dalam pembelajaran kurang praktis. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa yaitu dengan mengembangkan buku saku digital berbasis mnemonik verbal dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas x pada mata pelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media buku saku berbasis teknik mnemonik verbal pada materi plantae. (2) Mengetahui kelayakan media buku saku digital berbasis teknik mnemonik verbal sebagai media pembelajaran.Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall sampai tahap ketujuh. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan buku saku digital dan untuk mengetahui respon guru dan siswa yaitu menggunakan skala Likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk daftar. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media, guru biologi dan siswa SMA. Hasil penelitian ini berupa: (1) Media pembelajaran buku saku digital berbasis teknik mnemonik verbal pada materi plantae. (2) kualitas media pembelajaran buku saku digital berbasis teknik mnemonik verbal pada materi plantae adalah sangat layak dengan persentase 81,01% berdasarkan penilaian ahli materi dan 86,66% oleh ahli media dengan kriteria sangat layak. Sedangkan respon guru biologi dengan persentase 88,46% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa kelas X dalam kriteria sangat layak dengan persentase 81,85. di SMA Muhammadiyah 2 bandar lampung. Jadi dapat disimpulkan bahwa media buku saku digital berbasis teknik mnemonik verbal sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi. Kata Kunci : Buku Saku Digital, Te knik Mnemonik Verbal, Penguasaan Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:15
Last Modified: 18 Jul 2017 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item