MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA VISUAL DI TK PERINTIS TUNAS BANGSA WAY TEBU LAMPUNG BARAT T.P 2016/2017

Wulan, Novri Windu (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA VISUAL DI TK PERINTIS TUNAS BANGSA WAY TEBU LAMPUNG BARAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL_SKRIPSI_NOV.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan taman kanak-kanak sebagaimana dinyatakan dalam undang undang RI no 20 tahun 2003 pasal 28 ayat 3“merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan Formal yang bertujuan membantu anak didik mengembangkan Berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan Nilai agama, sosial, emosional, kemandirian, kognitif, bahasa,Fisik/motorik, dan seni untuk siap memasuki sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata anak melalui metode bercerita dengan media visual. Penelitian Ini Bertempat Di TK Perintis Tunas Bangsa Way Tebu Lampung BaratPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi, metode dokumentasi .dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus satu yaitu peserta didik yang memperoleh kriteria belum berkembang (BB) 3 anak yaitu 16,7%, mulai berkembang(MB) 4 anak yaitu 22, 2%, berkembang sesuai harapan(BSH) 3 anak yaitu 16,7%, berkembang sangat baik(BSB) 8 anak yaitu 44,4%. Dalam kegiatan siklus satu peserta didik sudah mengalami peningkatan, tetapi masih ada peserta didik yang belum mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan, maka peneliti melanjutkan pada kegiatan siklus dua dengan hasil penelitian yang diperoleh pada siklus dua yaitu peserta didik yang memperoleh belum berkembang(BB) 0 anak, mulai berkembang(MB) 1 anak yaitu 5,6% berkembang sesuai harapan(BSH) 2 anak yaitu 11,1%, maka dapat disimpulkan kemampuan mengenal kata anak dapat meningkat melalui metode bercerita dengan media visual hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang memperoleh kriteria berkembang sangat baik(BSB) pada sikus II 15 anak yaitu 83,3%. Kata kunci: Kemampuan, mengenal kata, metode bercerita, media visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Jul 2017 06:58
Last Modified: 18 Jul 2017 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item