Penerapan Pembelajaran Kooperatif Paired Story Telling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung

Khoiri, Irvan (2017) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Paired Story Telling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (640kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
PDF
Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Pemilihan model pembelajaran seharusnya memperhatikan karakteristik peserta didik dan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah selama ini, masih banyak yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanakan peneliti di SMK Gajah Mada Bandar Lampung sebelum melakukan penelitian, kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dominasi oleh guru sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Berdasarkan hal tersebut di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan pembelajaran kooperatif paired story telling dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung”? penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran kooperatif paired story telling dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah “penerapan pembelajaran kooperatif paired story telling (bercerita berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian tindakan kelas berupa siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisa penerapan pembelajaran kooperatif paired story telling pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya iman kepada rasul Allah SWT dan adab makan dan minum didapatkan hasil belajar sebagai berikut, pada observasi awal (pra tindakan) hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM hanya 30%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 40% menjadi 70%, pada siklus II mengalami peningkatan 20% sehingga hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 90%. Jadi hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan 60% dari sebelum tindakan yaitu 30% hingga pada siklus II mencapai 90% yang mencapai KKM. Melihat dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif paired story telling dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI TKJ 1 SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:14
Last Modified: 06 Feb 2017 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item