Pengaruh Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung)

Larosa, Larosa (2017) Pengaruh Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjuatan (P2MB) merupakan program lanjutan dari PNPM Mandiri Perkotaan yang secara substansi berupaya dalam penanggulangan kemiskinan dimana program tersebut memberikan peluang bagi masyarakat miskin untuk berusaha dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Di Kelurahan Way Dadi merupakan salah satu kelurahan yang menerima bantuan program P2MB sejak tahun 2015, mengingat masih banyak masyarakat Kelurahan Way Dadi yang kurang mampu. Sehingga peneliti sangat tertarik untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Way Dadi menurut perspektif ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Menurut Perspektif Ekonomi Islam?, dan Bagaimana Pengaruh Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) dalam mendukung Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung? Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian lapangan (field research), dimana data primer di peroleh dari hasil observasi dan wawancara dan data skunder di peroleh dari hasil dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota masyarakat miskin di Kelurahan Way Dadi sebanyak 298 orang RTM. Sedangkan sample penulis mengambil 10% dari jumlah populasi. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi langsung kepada 30 orang responden RTM di kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar lampung. Hasil penelitian ini adalah bahwa program sarana dan prasarana serta SPP (Simpan Pinjam Perempuan) yang di danai P2MB di Kelurahan Way Dadi sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan Teknik Operasional Kegiatan, tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan padahalnya program tersebut dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pelaksanaan P2MB di kelurahan Way Dadi di lihat dari nilai-nilai dasar ekonomi Islam tidak sesuai dengan ajaran Islam karena pada SPP mengandung unsur riba karena di tetapkan bunga di awal sebesar 15% per 10 bulan. Tetapi P2MB memiliki pengaruh yang positiv dalam mensejahterakan masyarakat terbukti dengan adanya tambahan modal untuk usaha serta mengajak masyarakat untuk keluar dari garis kemiskinan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan kota yang lebih maju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:39
Last Modified: 14 Jul 2017 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item