HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TP.2016/2017

Mukarromah, Nikmatul (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TP.2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali perasaan diri sendiri, perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri, dan dalam hubungan dengan orang lain. Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran, karena belajar merupakan proses sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses pembelajaran tersebut. Sekolah menengah kejuruan bertujuan siswa mempunyai kinerja yang baik dan siswa diharapkan memahami konsep ruang lingkup kinerja yang baik, karena banyak siswa sulit berinteraksi dan menyesuaikan diri pada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Gajah Mada Bandar Lampung kelas XI (sebelas) E. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau penelitian hubungan dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan data prestasi semester ganjil, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Gajah Mada Bandar Lampung yang berjumlah 536, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dan peneliti mengambil sampel peserta didik atau kelas XI (sebelas) E yang paling banyak siswa muslimnya selain itu juga karena kelas XI E mempunyai nilai prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang baik dibanding kelas lainnya yaitu berjumlah 43 peserta didik. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan Ha diterima, yakni dengan rhitung sebesar 0,92 berada pada interval 0,80-0,599 sehingga menunjukkan hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar adalah korelasi atau hubungan yang kuat. Lalu dilakukan perhitunngan koefisien determinasi dan diperoleh kesimpulan bahwa hubungan kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 84,64% dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 16,36% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata kunci : Hubungan, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:49
Last Modified: 14 Jul 2017 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item