ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN PRODUK GRIYA iB HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG TELUK BETUNG LAMPUNG

Rahmawati, Linda (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN PRODUK GRIYA iB HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG TELUK BETUNG LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang terus berkembang di Indonesia akan mendorong pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. Salah satunya adalah Bank BNI Syariah dalam menghadapi persaingan adalah dengan menyediakan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah dengan menyediakan produk Griya iB Hasanah. Produk Griya iB Hasanah adalah pembiayaan kepemilikan rumah. Produk Griya iB Hasanah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli membangun, dan merenovasi rumah. Sebagai produk baru dari Bank BNI Syariah maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis marketing mix pada produk Griya iB Hasanah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Betung Lampung, Bagaimana analisis SWOT pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Betung Lampung dan Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Produk Griya iB Hasanah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Betung Lampung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Betung Lampung dan untuk mengetahui analisis SWOT yang diterapkan di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Teluk Betung Lampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskritif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara, dan dokumentasi, dan metode analisis ini menggunakan metode analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran (marketing mix), produk yang ditawarkan sangat variatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang, sedangkan dari harga sangat murah dan fleksibel untuk melakukan transaksi. Untuk lokasi mudah dijangkau, kemudian promosi menggunakan personal selling, periklanan melalui televisi, brosur dan lain-lain, publisitas dengan kegiatan pameran, bakti sosial. Strategi pemasaran yang diterapkan sudah baik dalam meningkatkan jumlah nasabah. Dan Analisis SWOT yang dilakukan Bank BNI Syariah yaitu memperluas pangsa pasar, memperkuat kerja sama, meningkatkan hubungan dengan instansi lain,dan meningkatkan kualitas pemasaran, promosi, dan strategi pemasaran yang efektif. Kemudian strategi pemasaran yang dilakukan Bank BNI Syariah sudah sesuai dan prinsip syariah dan tidak melanggar aturan-aturan syariah, dengan memasarkan produk nya secara jujur, dan memberikan pelayanan yang baik terhadap nasabah, dan selalu mengedepankan akhlak moral dan etika dalam seluruh aspek kegiatan bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Nov 2018 02:13
Last Modified: 23 Nov 2018 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item