TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM RETUR (Studi Kasus PadaToko Roti Berkah Jaya Di Pekon Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus)

Ariyanda, Zulliya (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM RETUR (Studi Kasus PadaToko Roti Berkah Jaya Di Pekon Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan perangkat yang tak terpisahkan dari seseorang dalam memenuhi kebutuhan yang ingin dicapainya. Cara dalam melakukan transaksi jualbelipun meliputi banyak cara diantaranya adalah dengan menggunakan sistem retur yang artinya pemulangan kembali. Dalam hal ini maksudnya bahwa barang yang sudah dibeli bisa dikembalikan apabila barang tersebut tidak habis terjual atau sudah habis masa berlaku suatu barang. Sistem ini dimaksudkan agar pedagang tidak banyak menanggung kerugian dan tetap mempercayai barang tersebut. Penerapan sistem retur ini sudah banyak diterapkan di toko-toko karena kebanyakan pedagang saat ini hanya berfokus pada penjualan saja tanpa memproduksi barang sendiri, jadi dengan adanya sistem retur dengan distributor maka pedagang merasa aman dengan barang dagangannya. Adapun permasalahan dalam peneltian ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem retur yang telah dijalankan antara pihak pedagang dengan pihak distributor dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem retur tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktek jual beli dengan sistem retur serta untuk mengkaji tinjauan hukum Islam mengenai sistem retur yang diterapkan di Pekon Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), data primer dikumpulkan melalui interview dan dokumentasi. Data diperoleh dari data primer yaitu data-data hasil dari pengumpulan data dari lapangan dengan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terkait yakni pedagang, , dan Data Sekunder yaitu dari literatur-lteratur dalam kitab fikih klasik maupun modern, buku-buku lainnya yang sesuai dengan judul.Pengolahan data dilakukan melalui editing, coding data, interpretasi, rekontruksi.Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan sistem retur yang diterapkan di Pekon Kunyayan antara pedagang dengan distributor dilakukan sesuai dengan akad yang telah disepakati atas dasar suka sama suka. Namun, dalam kegiatan jual beli tidak hanya atas dasar suka sama suka rela sama rela, melainkan apakah kegiatan itu benar-benar bermanfaat dan menguntungkan bagi satu sama lain atau merugikan salah satu pihak, dalam hal ini pihak distributor maupun pedagang tidak boleh mementingkan keuntungan bagi dirinya sendiri, hendaklah para pihak melaksanakan sistem retur sesuai dengan yang sudah mereka sepakati, agar kegiatan retur tersebut dapat menjalin hubungan bisnis yang baik, karena dilihat dari ketentuan Islam bahwa dalam transaksi tersebut sudah terpenuhinya syarat dan rukun dalam jual beli, maka transaksi retur dalam jual beli ini diperbolehkan dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:18
Last Modified: 11 Jul 2017 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item