HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DENGAN MINAT ANAK MASUK KE PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA FDIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Arinditia, Shilvia (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DENGAN MINAT ANAK MASUK KE PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA FDIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Usaha orang tua untuk memotivasi putra – putri mereka untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi adalah suatu hal yang melibatkan motivasi ekstrinsik dari orang tua, maupun motivasi instrinsik anak itu sendiri. Dengan kata lain, orang tua dan anak berperan dalam usaha pencapaian keberhasilan dalam bidang studi anak. hubungan motivasi orang tua adalah upaya yang telah di berikan oleh orang tua dalam memberikan stimulus terhadap anak mereka sehingga organisme mereka tergerak dan bertindak dalam menentukan pilihan yang akan mereka putuskan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang hubungan motivasi orang tua dengan minat anak ke perguruan tinggi yang di lakukan di FDIK UIN Lampung. Dengan demikian hipotesis penelitian ini adalah : terdapat hubungan antara motivasi yang di berikan orang tua dengan minat anak ke FDIK UIN Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dan observasi. Penyebaran kuisioner dilakukan kepada populasi 232 mahasiswa dan orang tua mahasiswa dengan batas kesalahan toleransi 5%. Metode analisa data kuantitatif bersifat statistik inferensial, yaitu teknik statistik yang di gunakan untuk menganalisis data sampel yang di berlakukan hasilnya untuk populasi, dengan teknik pengambilan secara sampling insidental. Analisis data menggunakan skala pengukuran jenis skala likert, sehingga data yang di dapat dalam bentuk rating scale yang berbentuk data ordinal. Dari hasil penelitian yang di lakukan ternyata ada hubungan motivasi yang di berikan orang tua terhadap minat anak ke perguruan tinggi. Dengan analisis pengolahan data menggunakan rumus Spearman Rank, yang di bantu oleh aplikasi SPSS versi 20. Dari hasil nilai kuisioner yang diperoleh perhitungan diperoleh hasil Nilai Rho sebesar 0.139 dengan signifikansi 0.035 < 0,5 maka jawaban hipotesis menerima H1 atau yang berarti ada hubungan antara motivasi orang tua dengan minat anat terbukti signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:09
Last Modified: 11 Jul 2017 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item