PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP SIKAP BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG

Rokhmah, Umi (2017) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP SIKAP BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Sains (termasuk Biologi dan cabang sains lainnya) memiliki tanggungjawab yang tinggi terhadappembentukan kecerdasan, sikap, mental, perilaku, moral peserta didik untuk menjadi siswa yang unggul dalam IPTEK dan IMTAQ. Dunia pendidikan membutuhkan berbagai macam sugesti. Khususnya sugesti positif yang bisa mempengaruhi kelancaran dunia pendidikan, sugesti-sugesti itu, salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan guru pada peserta didik. Saat ini kita melihat banyak peserta didik yang belajar hanya sekedar memahami materi secara kontekstual. Peserta didik hanya mementingkan nilai kognitif yang baik tanpa memberikan dampak terhadap sikap belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap sikap belajar biologi pada materi sistem organisasi kehidupan peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap sikap belajar IPA (biologi) pada materi sistem organisasi kehidupan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 peserta didik, Kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas control diterapkan metode diskusi, observasi dan praktikum. Pada akhir proses pembelajaran dilakukan observasi pada kedua kelas sampel menggunakan metode yang sama yang telah divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, data dari kedua sampel tersebut normal dan homogen sehingga dalam pengujian hipotesis dapatdilanjutkan dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa diperolehhasil 3,25>1,672, sehingga H1 diterima artinya penggunaan metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap sikap belajar peserta didik kelas VII SMP negeri 24 Bandar Lampung.. Metode Pembelajaran hypnoteaching merupakan suatu metode yang dapat menciptakan kedekatan antara guru dengan peserta didik sehingga membantu proses belajar dan dapat meningkatkan prestasi dan membentuk sikap belajar yang baik.. Kata kunci:Hypnoteaching , sikap belajar, organisasi kehidupan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:59
Last Modified: 11 Jul 2017 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item