PENGARUH PROMOSI DEVELOPER TERHADAP VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. Utami Jaya Mandiri, Bandar Lampung)

Nuraini, Helmiyati (2017) PENGARUH PROMOSI DEVELOPER TERHADAP VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT. Utami Jaya Mandiri, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak sesuaian atara teori dan praktek yang terjadi yang dikemukakan oleh Kotler Keller yaitu perusahaan-perusahaan menggunakan alat promosi penjualan untuk memperoleh tanggapan pembeli yang lebih kuat danlebih cepat. Untuk memahami para konsumen, pemasar harus mengetahui kegunaan, persepsi, preferensi, dan prilaku belanja pelanggan sasaran mereka. Seluruh alat-alat promosi penjualan sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Promosi penjualan merupakan suatu rangsangan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian dengan segera. Dengan demikian promosi penjualan mempunyai kekuatan yang besar dalam mempengaruhi prilaku konsumen, karena hampir tidak ada konsumen yang mengabaikan promosi penjualan sebelum melakukan proses pembelian produk. Maka semakin baik strategi yang digunakan maka akan berpengaruh lebih pada penjualannya. Tetapi yang terjadi justru terjadi penurunan penjualan yang tejadi pada tahun 2016 yang seharusnya mengalami kenaikan pada penjualannya, padahal strategi atau alat-alat promosi yang digunakan sama banyaknya dengan yang dipakai pada tahun 2015, tetapi penjualan malah menurun dari 33 unit menjadi 23 unit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah iklan, promosi penjualan, dan publisitas berpengaruh positif terhadap volume penjualan PT. Utami Jaya Mandiri Bandar Lampung dan bagaimana dalam prespektif etika bisnis Islam nya tentang promosi yang dilakukan oleh PT. Utami Jaya Mandiri Bandar Lampung. Jumlah anggota populasi sebanyak 72 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sampel yang dipilih dengan cermat sehingga relevan dengan design penelitian, karena teknik pengambilan sampel yang tidak memberi kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien determinan (R2), uji serempak (uji F), dan uji signifikansi parsial (uji T). Pengelolaan data dalam penelitian ini dibantu dengan program Statistical for Product and Service Solution (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan (X1) berpengaruh terhadap volume penjualan, hal ini didapat berdasarkan thitung > ttabel yaitu 3,804 > 1,66757 dengan nilai signifikansi (0,000 , 0,05) kemudian promosi penjualan (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan, hal ini didapat berdasarkan thitung > ttabel yaitu 0,169 > 1,66757 dengan nilai signifikansi (0,866 > 0,05) dan publisitas (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan, hal ini didapat berdasarkan thitung > ttabel yaitu 11,774 > 1,66757 dengan nilai signifikansi (0,000 , 0,05). Dan pada perhitungan uji R2 hasilnya sebesar 77,3% dan sisanya sebesar 22,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian yang paling dominan berpengaruh terhadap volume penjualan adalah publisitas. PT Utami Jaya Mandiri telah melakukan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, terlihat pada tanggapan responden yang merasa promosi penjualan perusahaan sudah sesuai dan jujur dan tidak berlebih-lebihan dan pelayanan masyarakat yang diberikan perusahaan sudah cukup baik kepada para konsumennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:01
Last Modified: 11 Jul 2017 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item