IDEALISME DAN PRAGMATISME PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) IMPLEMENTASI REKRUTMEN TERHADAP CALON KEPALA DAERAH KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2015

Supratmono, S (2017) IDEALISME DAN PRAGMATISME PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) IMPLEMENTASI REKRUTMEN TERHADAP CALON KEPALA DAERAH KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2015. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Idealisme partai Islam pada praktiknya selalu dikalahkan oleh pragmatisme partai, Idealisme hanya sebagai alat untuk menarik suara dukungan kalangan umat Islam karena melihat masyarakat Islam khususnya di Kabupaten Pesawaran, Idealisme partai Islam tentu sangat penting terlebih karena tidak terlepas dari prinsip - prinsip politik Islam (fiqih siyasah). Prinsipprinsip fiqih siyasah secara umum diantaranya adalah prinsip amar ma’ruf nahi munkar, prinsip amanah, prinsip keadilan, prinsip Istiqamah, prinsip persatuan atau persaudaraan, prinsip musyawarah dan prinsip kejujuran. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dianggap lebih ideologis di bandingkan dengan partai lain, bisa saling bekerjasama dengan partai Demokrat dan PDIP di Pilkada Pesawaran, PKS Pesawaran sebelumnya akan mencalonkan sendiri calon Bupati dari kader internal Almuzzamil yusuf, namun dikemudian hari yang terjadi PKS justru mengusung kader dari partai Demokrat dan PDIP serta berkoalisi dengan partai- partai sekuler lainnya seperti PDIP, Gerindra, Hanura, Golkar, Demokrat, PAN, dan PPP.Pokok masalah dalam penelitian ini adalah apa yang melatarbelakang Partai Keadilan Sejahtera mengusung pasangan Dendi Romadhona-Eriawan pada pilkada Kabupaten Pesawaran tahun 2015? dan Mengapa Partai Keadilan Sejahtera cenderung memiliki sikap pragmatis dalam rekrutmen calon Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun 2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang Partai Keadilan Sejahtera mengusung pasangan Dendi Romadhona-Eriawan pada pilkada Kabupaten Pesawaran tahun 2015 dan untuk mengetahui Kecenderungan sikap pragmatis Partai Keadilan Sejahteradalam rekrutmen calon Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau “field research”penelitian ini bermaksud menerangkan dan menggambarkan suatu keadaan objektif yang alamiah, faktual mengenai Idealisme dan Pragmatisme PKS terkait rekrutmen calon Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran tahun 2015, sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fiqih siyasah dalam prosedur rekrutmen politik.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa partai Keadilan Sejahtera lebih cenderung mengangkat isu populis untuk kepentingan politik praktis dari pada nilai ideologi yang dimilikinya. Faktor Historis masih menjadi alasan partai untuk mengusung salah satu pasangan calon kepala daerah Kabupaten Pesawaran.Seharusnya Partai Keadilan Sejahtera lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pola rekrutmen agar dapat memicu hadirnya calon Kepala Daerah yang tepat dan berkualitas secara agama bukan hanya karena faktor pertemanan dengan elite partai ataupunseberapa besar modal yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:51
Last Modified: 11 Jul 2017 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item