NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PERNIKAHAN SEBAMBANGAN DI LAMPUNG PESISIR DESA BANGUNN NEGARA KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT

Gunawan, Hendra (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PERNIKAHAN SEBAMBANGAN DI LAMPUNG PESISIR DESA BANGUNN NEGARA KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahan merupakan salah satu sunnatullah yang berlaku untuk semua makhluk Allah SWT yang bernyawa. Adanya pernikahan bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin menuju kebahagian dunia dan akhirat. Pernikahan bukan hanya hubungan antara kedua belah pihak tetapi juga hubungan antara keluarga laki-laki dengan keluarga perempuan. Berdasarkan uraian di atas permasalaha pokok dalam penelitian ini adalah : apa saja nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi pernikahan sebambangan di Lampung Pesisir pada masyarakat Pesisir Barat di desa Bangun Negara ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi pernikahan sebambangan di desa Bangun Negara Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat Pesisir Barat dalam tradisi pernikahan sebambangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penetitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawacara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, metode analisis data yang dilakukan dengan tiga langkah analisis data kualitatif, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ varification. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di desa Bangun Negara dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dalam tradisi pernikahan sebambangan terdapat berbagai macam nilai pendidikan islam salah satunya adalah nilai kesetian bagi mereka yang melakukan pernikahan, penghematan biaya yang bertujuan bukan untuk pamer karena dalam masyarakat lampung biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, nilai kejujuran dan kasih sanyang antara mereka yang melakukan pernikahan, serta nilai ibadah bagi mereka yang melakukan pernikahan. Selain itu nilai yang terdapat dalam pernikahan secara umum adalah sebagai berikut :menumbuhkan cinta kasih bagi insan manusia yang melaksanakannya, menerima segala kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pasangan, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong antar masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 10 Jul 2017 07:07
Last Modified: 10 Jul 2017 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item