PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI TK SATYA DHARMA SUDJANA KECAMATAN TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

Nurkhasanah, Devi (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI TK SATYA DHARMA SUDJANA KECAMATAN TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DEVI_PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru atau pendidik di TK harus bisa memilih dan menentukan metode yang akan digunakan untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak TK juga. Penerapan metode yang belum maksimal yang dilakukan oleh pendidik dan kurang aktifnya anak pada saat pembelajaran berlangsung, membuat kepercayaan diri pada anak masih tergolong rendah. Berbagai upaya telah dilakukan guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak didik di TK Satya Dharma Sudjana seperti memberikan kesempatan pada anak saat menjadi petugas upacara, memimpin doa sebelum memulai kegiatan dan menyiapkan teman pada saat berbaris. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu: Mengapa penerapan metode bercerita belum dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini di TK Satya Dharma Sudjana Terusan Nunyai Lampung Tengah?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan metode bercerita dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini di TK Satya Dharma Sudjana. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 22 anak didik, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan metode bercerita untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, kurangnya kepercayaan diri pada anak dengan menerapkan metode bercerita dikarenakan dalam kegiatan bercerita terdapat langkah- langkah yang harus diperhatikan guru seperti pemilihan metode bercerita, pengelolaan kelas untuk bercerita, pengelolaan tempat duduk dan ruang bercerita, serta strategi penyampaian cerita hanya terdapat 3 langkah yang sudah diterapkan. Kata kunci : Metode Bercerita, Kepercayaan Diri, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:20
Last Modified: 10 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item