STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG

Purnamasri, Leni (2017) STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam mengemban tugas penting, yakni bagaimana mengembangkan kualitas sumber daya manusia agar umat Islam dapat berperan aktif dan tetap survive di era globalisasi. Perkembangan pendidikan saat ini sangat luar biasa, kemajuan dalam sains dan teknologi sangat mengagumkan, tetapi di waktu yang sama sangat mengkhawatirkan dan mencemaskan, karena manusia yang tidak lagi memahami apa maksut tujuan ia diciptakan oleh Allah SWT. Faktor yang menjadi sebab muncul nya pemikiran Hasan Langgulung terkait dengan strategi pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu Islamisasi ilmu dan Pendidikan Integral. Strategi pendidikan pada hakikatnya adalah pengetahuan atau seni mendayagunakan semua faktor untuk mengamankan sasaran kependidikan yang hendak dicapai melalui perencanaan dan pengarahan dalam operasionalisasi. Hasan Langgulung adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan dan psikologi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apa saja strategi pendidikan Islam yang digagas oleh Hasan Langgulung dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidikan Islam dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang digagas oleh Hasan Langgulung. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historisfilosofis. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis isi (content anaylisis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemikiran Hasan Langgulung untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terdiri dari tiga komponen, yaitu: 1)tujuan: bahwasannyan pendidikan memiliki tujuan akhir yaitu pembentukan insan yang shaleh dan beriman kepada Allah dan agama Nya, dan pembentukan masyarakat yang shaleh yang mengikuti petunjuk agama Islam dalam segala urusan. Serta membangun kepribadian muslim yang kaffah 2)dasar-dasar pokok pendidikan: bahwasannya tindakan yang perlu diambil ialah dengan memformat kurikulum pendidikan Islam dengan format yang lebih integralistik dan bersifat universal. 3)prioritas dalam tindakan. Strategi pendidikan Islam oleh Hasan Langgulung dapat di implementasikan pada pendidikan saat ini, karena tetap berlandaskan pada Al- Qur’an dan Al-Hadist, masih relevan dengan sistem pendidikan Nasional serta aktual dengan pendidikan yang berjalan saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:55
Last Modified: 07 Jul 2017 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item