PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 4 PESAWARAN

Karyanti, K (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 4 PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_Karyanti_2222.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Pemahaman matematis merupakan dasar dari mata pelajaran matematika. Kurangnya pemahaman matematis akan menghambat peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal tersebut seperti yang terjadi pada peserta didik SMP Negeri Satu Atap 4 Pesawaran, mereka mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kumon dengan tujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis, (2) adakah pengaruh pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap pemahaman matematis, (3) adakah interaksi antara proses pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap pemahaman matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exerimental design, populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 4 Pesawaran. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kumon dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran tanpa kumon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5 %. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fa hitung Ftabel sehingga H0A ditolak, Fb hitung Ftabel sehingga H0B ditolak, Fab hitung Ftabel sehingga H0AB diterima. Berdasarkan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan (1) ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis, (2) ada pengaruh pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap pemahaman matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman matematis. Kata kunci: Kumon; Pemahaman; Matematis; Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:30
Last Modified: 21 Jun 2017 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item