OPTIMASI KEUNTUNGAN DALAM PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING METODE SIMPLEKS (studi kasus UKM Fahmi Mandiri Lampung Selatan)

Marzukoh, Ainul (2017) OPTIMASI KEUNTUNGAN DALAM PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING METODE SIMPLEKS (studi kasus UKM Fahmi Mandiri Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

cara dalam matematika yang bisa dipakai untuk memecahkan masalah mengenai optimasi dengan memperhatikan kendala tertentu dan dalam bentuk pertidaksamaan linear. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam linear programming adalah metode simpleks yang berfungsi untuk mencari solusi optimum. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengoptimalkan keuntungan dalam produksi Keripik di UKM Fahmi Mandiri. Penelitian ini bersifat studi literatur dengan mengkaji jurnal-jurnal dan buku-buku teks yang berkaitan dengan bidang yang diteliti. Langkah-langkah untuk mengoptimalkan keuntungan tersebut antara lain: (1) Observasi, (2) Pengumpulan data, (3) Membuat model matematika dalam proses produksi keripik pisang, (4) Mengoptimasikan keuntungan dalam produksi menggunakan metode simpleks., (5) Mengoptimasikan keuntungan dalam produksi menggunakan alat bantu QM for Windows V3. Hasil perhitungan menggunakan linear programming metode simpleks dan dengan alat bantu QM fro Windows V3 menunjukkan bahwa produksi yang diterapkan UKM Fahmi Mandiri sudah optimal. Tingkat keuntungan optimal adalah sebesar Rp.426.800.000 dengan memproduksi keripik pisang merk Vsang sebanyak 40.025 kemasan, 20.000 kemasan merk Bintang Rasa dan 16.500 kemasan Mr.Ben’s. Hasil perhitungan model optimasi produksi menunjukkan bahwa penggunaan input produksi di UKM Fahmi Mandiri sudah optimal. Dengan menggunakan metode simpleks hasil perhitungan model optimasi produksi menunjukkan bahwa UKM Fahmi Mandiri mengalami kenaikan keuntungan sebesar Rp.16.532.000. Kata Kunci: Linear Programming, Simpleks, Optimasi Keuntungan, QM for Windowns V3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:14
Last Modified: 21 Jun 2017 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item