PENERAPAN PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH INDONESIA (PAPSI) PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada BPRS Bandar Lampung)

SAPUTRI , NINDI RIYANA (2016) PENERAPAN PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH INDONESIA (PAPSI) PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada BPRS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Banyak masyarakat memerlukan bantuan penyaluran dana dari bank yang berdasarkan prinsip jual beli, yaitu murabahah, salam, istishna. Pada BPRS Bandar Lampung pembiayaan berbasis jual-beli yang banyak diminati adalah pembiayaan murabahah. Di Indonesia standar akuntansi yang berlaku untuk perbankan syariah adalah Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Pernyataan Standar Akuntansi Syariah (PSAK), dan Pedoman Akuntansi Perbankan Syariah Indonesia (PAPSI) 2013. PAPSI 2013 mencakup penjelasan tentang laporan keuangan secara umum (mencakup kerangka dasar, komponen dan keterbatasan laporan keuangan). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perlakuan akuntansi murabahah di BPRS Bandar Lampung dan apakah penerapan akuntansi murabahah pada BPRS Bandar Lampung sesuai dengan PAPSI 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan PAPSI pada pembiayaan murabahah di BPRS Bandar Lampung, untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi murabahah pada BPRS Bandar Lampung sesuai dengan PAPSI 2013. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, dengan sifat penelitian deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verification. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Perlakuan akuntansi pada pembiayaan murabahah di BPRS Bandar Lampung adalah (1) Pengakuan dan Pengukuran: pada pengakuan dan pengukuran yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada PAPSI Tahun 2013 bagian IV; (2) Penyajian: pada penyajian yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada PAPSI Tahun 2013 bagian IV tetapi untuk account margin murabahah ditangguhkan dan beban potongan pelunasan disajikan dalam Laporan Keuangan Internal bank dan tidak disajikan dalam Laporan Keuangan yang dipublikasi; (3) pengungkapan: pada pengungkapan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada PAPSI Tahun 2013 bagian IV. Dalam hal penerapan PAPSI pada pembiayaan murabahah, dapat dinyatakan bahwa BPRS Bandar Lampung sepenuhnya sesuai dengan PAPSI Tahun 2013 bagian IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 14 Feb 2017 01:21
Last Modified: 14 Feb 2017 01:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item