PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI ( KBIH ) Al-IKHWAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BIMBINGAN IBADAH HAJI

Oktariani, Reza (2017) PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI ( KBIH ) Al-IKHWAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BIMBINGAN IBADAH HAJI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena meningkatnya calon jamaah haji Indonesia beberapa tahun terakhir ini menepati urutan paling atas dibanding Negara lain, yang lebih dari dua ratus ribu orang pada tiap tahunnya, hal tersebut berimplikasi terhadap kompleksitas masalah perhajian dari tahun ke tahun. Dimana banyak calon jamaah haji kurang mengusai masalah perhajian hal ini karena kurangnya kualitas bimbingan haji, hal ini disebabkan karena kurangnya penerapan fungsi dari manajemen perhajian terutama pada fungsi perencanaan.Perencanaan diartikan sebagai proses dasar di mana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Beranjak dari rumusan masalah maka penulis memilih KBIH Al-Ikhwan sebagai objek penelitian karena penulis ingin mengetahui penerapan fungsi perencanaan pada KBIH Al-Ikhwan dalam upaya peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi perencanaan pada KBIH Al-Ikhwan dalam upaya peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan pada KBIH Al-Ikhwan Bandar Lampung dengan tujuan untuk menggambarkan objek penelitian dengan mengkomparasikan kajian teori. Penelitian ini bersifat deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 32 orang, yang kemudian diambil sampel 6 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisa data yang penulis lakukan yaitu KBIH Al-Ikhwan merupakan salah satu biro jasa yang berpartisipasi membantu pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji dan memberikan pelayanan bimbingan manasik haji kepada calon jamaah haji yang. Untuk itu KBIH Al-Ikhwan dalam pengelolaannya telah menerapkan tujuh fungsi perencanaan yaitu perkiraan dan perhitungan masa depan, penetapan tujuan, penetapan program, penetapan jadwal, penetapan biaya, penetapan prosedur dan penetapan kebijakan secara baik dengan perencanaan tersebut kegiatan bimbingan ibadah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Al-Ikhwan dapat tersusun rapih,sebab dengan penerapan fungsi perencanaan segala sesuatunya telah dipersiapkan dan direncanakan dengan matang baik dari segi materi bimbingan, metode bimbingan, pemberi bimbingan maupun waktu dan tempat pemberi bimbingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:19
Last Modified: 20 Jun 2017 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item