ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KALIANDA NOMOR 0264/Pdt. G/2014/PA. Kla TENTANG PERMOHONAN CERAI TALAK SUAMI DAN GUGATAN REKONVENSI ISTRI

Fatmala, Santi (2017) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KALIANDA NOMOR 0264/Pdt. G/2014/PA. Kla TENTANG PERMOHONAN CERAI TALAK SUAMI DAN GUGATAN REKONVENSI ISTRI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Suatu pernikahan mempunyai tujuan untuk membangun keluarga sakinah, mawaddah, warohmah. Tetapi tidak menutup kemungkinan dalam keluarga memiliki konflik dalam rumah tangga, apabila konflik diselesaikan secara tidak sehat maka konflik akan semakin sering terjadi dalam keluarga bahkan akan berujung pada perpisahan atau juga disebut perceraian. Di dalam melakukan perceraian seorang suami mempunyai hak talak sepihak secara mutlak. Pengadilan juga menerima gugatan perceraian yang disebut cerai gugat, hal ini atas inisiatif istri. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1). Apa yang menjadi landasan hakim dalam menetapkan perkara cerai talak suami dan gugatan rekonvensi istri. 2). Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap putusan Pengadilan Agama Kalianda dalam perkara permohonan cerai talak suami dan gugatan rekonvensi istri. Penelitian ini menganalisis putusan cerai talak suami dan gugatan rekonvensi istri di Pengadilan Agama Kalianda dengan tujuan agar mengetahui dasar hukum pertimbangan hakim dalam mengambil putusan cerai talak suami dan gugatan rekonvensi istri dan mengetahui perkembangan masalah cerai talak dan gugatan rekonvensi sehingga menjadi fokus kajian untuk diketahui motivasi, alasan, dan tujuannya sehingga dapat dicari solusi yang tepat untuk di atasi atau dicegah terjadinya cerai talak dan gugatan rekonvensi yang berdampak luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini adalah penelitian library reaserch (penelitian pustaka), yaitu suatu penelitian yang menelaah dari berbagai macam teori, data-data, dan dokumen-dokumen yang mempunyai hubungan dengan permasalahan yang akan diteliti yang dapat menjadi landasan teori bagi penelitian. Dalam penelitian ini digunakan pengumpulan data studi pustaka, mengingat penelitian ini merupakan bahasan kepustakaan maka dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan, yaitu bahasan hukum yang memberi penjelasan terhadap bahasan hukum primer yang berupa buku-buku fiqh, serta hasil penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang menganalisis putusan Pengadilan Agama Kalianda mengenai perceraian dengan alasan cerai talak dan gugatan rekonvensi, majelis hakim telah menasehati pengugat dan tergugat untuk dapat menyelesaikan gugatan penggugat secara kekeluargaan melalui musyawarah namun tidak berhasil, bahkan apabila diteruskan akan memudharatkan keduanya, padahal sesuai dengan perintah agama tidak boleh saling memudharatkan antara satu dengan yang lainnya sebagaimana yang disebut dalam kaedah fiqh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 20 Jun 2017 01:33
Last Modified: 20 Jun 2017 01:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item