IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 2 PUTIH DOH KEC. CUKUH BALAK KAB. TANGGAMUS

Senthosa, Agus (2017) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 2 PUTIH DOH KEC. CUKUH BALAK KAB. TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN 2 Putihdoh Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus belum menunjukkan aktivitas belajar yang maksimal. Fenomena ini terjadi karena beberapa factor diantaranya guru belum menggunakan variasi pendekatan, metode, model dan strategi pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode Resitasi(PENUGASAN) sebagai langkah terciptanya pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik, sehingga peserta didik terlibat aktif. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui metode pembelajaran Resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SDN 2 Putihdoh yang berjumlah 23 orang peserta didik. Penelitian ini bersifat Penenlitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dianalisa secara kuallitatif dengan menggunakan metode Observasi sebagai metode pokok, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi sebagai metode penunjang dalam penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar.Catatan lapangan digunakan untuk mencatat fenomena-fenomena terkait penerapan metode pembelajaran Resitasi (Penugasan) di kelas IV SDN 2 Putih doh, dan dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang diperoleh. Hasil penelitian melalui implementasi Metode Resitasi (Penugasan) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diketahui adanya peningkatan pada siklus I pada pertemuan pertama terdapat peserta didik yang aktif hanya 56,52%, dan pada pertemuan kedua peserta didik yang aktif adalah 69,56%. Pada siklus II yaitu pertemuan pertama sebanyak 82,60% peserta didik yang aktif dan 17,40% peserta didik yang tidak aktif. Pada pertemuan kedua aktivitas belajar peserta didik terdapat 91,30% siswa yang aktif dan 8,70% siswa yang tidak aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:37
Last Modified: 19 Jun 2017 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item