PERAN BIMBINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGANSOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AZKIA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Fahruddin, F (2017) PERAN BIMBINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGANSOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AZKIA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan (golden age) bagi anak Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasardasar pertama dalam pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, seni, moral dan nilai- nilai agama. Dengan demikian upaya pengembangan seluruh potensi anak harus dimulai sejak dini, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal, terutama tentang perkembangan sosial-emosional anak. Bimbingan pada dasarnya merupakan upaya membimbing untuk membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Dan salah satu upaya dalam mengembangkan seluruh potensi anak dapat dilakukan dengan membimbing anak sejak dini melalui lembaga pendidikan anak usia dini seperti Taman Kanak-Kanak Azkia Sukabumi Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana peran bimbingan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak khususnya dalam kemampuan anak menegembangkan diri dari belajar belum berhasil secara maksimal ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak dan untuk mengetahui apa penyebab peran bimbingan guru belum berhasil secara maksimal dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak khususnya dalam kemampuan anak menegembangkan diri dari belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang guru pendidik, anak didik yang terdiri dari kelas A yaitu 15 anak, kelas B1 16 anak, kelas B2 18 anak, dan 1 orang kepala sekolah TK Azkia Sukabumi Bandar Lampung, sehingga jumlah seluruh populasi dari penelitian ini berjumlah 49 orang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data digunakan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah penulis lakukan bahwa, Peran bimbingan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak di TK Azkia Sukabumi Bandar Lampung dilakukan melalui metode belajar sambil bermain. Didalam proses bimbingan guru menerapkan delapan elemen. Dan penyebab peran bimbingan guru belum berhasil secara maksimal dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak di TK Azkia Sukabumi Bandar Lampung yaitu, karena guru kurang mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan bervariasi, serta kurangnya guru dalam mengadakan kegiatan individual dan kelompok. Kata Kunci: Peran Bimbingan Guru dan Perkembangan Sosial-Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: ?? PGRA ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:06
Last Modified: 19 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item