PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PESERTADIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Sari, Resti Yelma (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PESERTADIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_Resti_EE.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Berpikirmatematis (mathematical thinking) diartikan sebagai cara berpikir berkenaan dengan proses matematika (doing math) atau cara berpikir dalam menyelesaikan tugas matematika (mathematical task) baik yang sederhana maupun yang kompleks. Hal yang terjadi pada penelitian ini, peserta didik kurang menyukai pelajaran matematika, kurangnya kesabaran pendidik dalam membimbing peserta didik, serta model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan kemampuan berpikir matematis peserta didikrendah. Berpikir matematis dalam taksonomi Bloom penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat rendah sampai berpikir tingkat tinggi untuk memecahkan masalah mendasar sampai kompleks dalam matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir matematis berdasarkan taksonomi Bloom revisi dengan menggunakan model pembelajaran attention, relevance, confidence, and satisfaction (ARCS) lebih baik dari pada dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling.Uji validitas item tes instrumenmenggunakan rumus product moment. Reliabilitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Hasil analisis mengenai instrumen menunjukan instrumen penelitian valid dan reliabel untuk digunakan dalam mengambil data. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji lilieforsuntuk mengetahui normalitas dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnyauntuk pengujian hipotesisdigunakan uji-t.Berdasarkanhasilpenelitian dan pembahasan perhitungan uji-t dapat disimpulkan bahwakemampuanberpikir matematisberdasarkantaksonomi Bloom revisipesertadidik yang menggunakan model pembelajaraanattention, relevance, confidence, and satisfaction (ARCS)lebihbaikdaripadapesertadidikdenganmenggunakan model pembelajarankonvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Jun 2017 01:39
Last Modified: 13 Jun 2017 01:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item