MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG

NOOR AINI, ain (2019) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Pascasarjana Magister.

[thumbnail of TESIS NOOR AINI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang mempertahankan dan menciptakan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar dikelas. Keberadaannya cukup berpengaruh dalam pergeseran paradigma pendidikan, peserta didik bukan lagi objek yang selalu pasif tetapi sebagai subjek yang harus selalu aktif, sedangkan guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan berindak sebagai fasilitator, guru lebih kreatif dalam pembelajaran teamatik karena dalam satu tema mencakup semua pelajaran yang saling berkaitan dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang kondusif dan bermakna dengan jalan memberdayakan segala komponen dalam kelas dan hal-hal yang mendukung lainnya. Pembelajaran tematik sudah diterapkan di Sekolah Dasar. Dalam implementasinya diperlukan pengelolaan kelas saat proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam upaya mengumpulkan dan penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sifat penelitian ini termasuk penelitian termasuk deskriptif kualitatif. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa byang khusus, kemudian ditarik kesimpulan atau generalisasi yang bersifat umum. Hasil Penelitian menunjukan melalui tujuan pengajaran, pengaturan waktu, pengaturan ruangan (fasilitas) dan pengelompokan siswa dalam belajar. Dari beberapa pelaksanaan yang telah diterapkan disebabkan kendala yang sangat berarti bagi guru yakni ketidak ketahuan tentang pelaksanaan tersebut. Kemudian kendala yang terakhir adalah keterbatasan dana yang dimiliki sekolah untuk mengganti saran dan prasarana sebagai fasilitas kelas yang sudah tidak layak dipakai, sebenarnya hal ini merupakan kendala yang berada diluar wewenang guru. Sedangkan pengelolaan kelas secara fisik meliputi meliputi pengaturan posisi papan tulis, modifikasi tempat duduk, mading dan pengaturan ventilasi dalam ruang kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pustaka dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik. Kesimpulan penelitian ini adalah, manajemen kelas dalam pembelajaran tematik di SDN 1 Pinang Jaya meliputi pengaturan siswa/pengelompokan, pengaturan ruangan (fasilitas), mempertahankan organisasi kelas, dan menyampaikan materi pelajaran Kata Kunci: Pelaksanaan Manajemen Kelas Dan Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 23 Jul 2019 01:47
Last Modified: 23 Jul 2019 01:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item