PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP BPRS MITRA AGRO USAHA DI BANDAR LAMPUNG

Franssiska, Novi (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP BPRS MITRA AGRO USAHA DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi Pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. BPRS Mitra Agro Usaha atau sering disebut dengan Bank MAU merupakan konversi dari Bank Konvensional sejak 5 April 2010. Kemudian Pada tanggal 02 September 2013 BPRS Mitra Agro Usaha melaksanakan kegiatan Operasional berdasarkan prinsip Syariah. BPRS Mitra Agro Usaha sendiri berpusatkan di Jl. Hayam Wuruk No. 95 Sawah Lama, Tanjung Karang Timur Bandar Lampung, dan sekarang sudah berjalan selama tiga tahun. Yang dalam usaha tesebut diharapkan ada peningkatan dari pemasarannya di tengah banyaknya pesaing. Sehingga diharapkan bisa mewujudkan Visi BPRS MAU yaitu menjadi BPRS termuka dengan layanan finansial sesuai kebutuhan nasabah. Permasalahannya adalah bagaimana Penerapan Strategi Pemasaran BPRS Mitra Agro Usaha dalam meningkatkan minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan startegi pemasaran BPRS Mitra Agro Usaha dalam meningkatkan minat nasabah. Sedangkan metode penelitian yang diterapkan yaitu penelitain lapangan (Field research) dengan cara mengangkat data dari lapangan yakni data yang berkaitan dengan startegi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah tehadap BPRS Mitra Agro Usaha di Bandar Lampung. Dengan populasi berjumlah 17 orang dan sampel 6 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Metode interview sebagai metode pokok dalam pencarian data yang dilakukan terhadap Manager BPRS MAU, Sales pemasaran yang di anggap dapat memberikan data yang diperlukan dalam penelitian. Metode observasi dilakukan dengan menggunakan data langsung dari obyek penelitian ini dan tidak hanya terbatas pada pengamatan saja melainkan juga pencatatan dilakukan guna mendapatkan data yang konkrit dan jelas. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mencari data berupa catatan, dan berkas arsip sehubungan dengan pengelolaan BPRS MAU tersebut. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi produk yang dilaksanakan pada BPRS Mitra Agro Usaha sampai saat ini, sudah cukup berjalan dengan baik hingga BPRS MAU banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan strategi harga yang diterapkan adalah sistem bagi hasil berupa kesepakatan antara nasabah dengan pihak bank. Kemudian untuk strategi distribusi yang diterapkan yaitu dengan menggunakan perantara pemasaran, dan strategi promosi yang dilaksanakan di BPRS Mitra Agro Usaha sampai saat ini dengan memberikan bonus setiap akhir bulan pada Tabungan MAU Syariah iB, Strategi promosi ini juga yang paling berperan dalam peningkatan minat nasabah terhadap BPRS Mitra Agro Usaha. Sedangakan dari segi peluang untuk mengembangkan pasar, BPRS Mitra Agro Usaha berusaha menerapkan dengan membangun dan memelihara citra perusahaan dan menjalin hubungan dengan para nasabah sehingga tetap mempunyai kesempatan mengembangkan pasar di Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:06
Last Modified: 12 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item