PERANAN GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KUNTUM MEKAR 2 WAY DADI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Irawati, Rizky Nur (2017) PERANAN GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KUNTUM MEKAR 2 WAY DADI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI__FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode bercerita adalah salah satu pemberian pengalaman belajar yang disampaikan secara lisan pada anak dengan menggunakan kisah-kisah atau cerita yang dapat menarik perhatian anak. Kemandirian adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung kepada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam membentuk kemandirian anak melalui metode bercerita. Berdasarkan pra survey peneliti di lapangan, ditemukan permasalahan bahwa metode bercerita dalam membentuk kemandirian pada anak didik kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Kuntum Mekar 2 Sukarame Bandar Lampung belum maksimal. Sehingga ada anak yang belum terbentuk kemandiriannya, diantaranya: masih ada yang belum dapat makan sendiri, belum dapat merapihkan baju, belum dapat membereskan mainan yang telah digunakan. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah: ”Apakah manfaat metode bercerita dalam membentuk kemandirian pada anak di Taman Kanak-Kanak Kuntum Mekar 2 Sukarame Bandar Lampung”?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat metode bercerita dalam membentuk kemandirian pada anak di Taman Kanak-Kanak Kuntum Mekar 2 Sukarame Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B2 (24 anak) dan guru sebanyak 1 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah manfaat metode bercerita dalam membentuk kemandirian pada anak di Taman Kanak-Kanak Kuntum Mekar 2 Sukarame Bandar Lampung. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan peneliti: observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menganalisa data dan melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti menyimpulkan bahwa manfaat metode bercerita dalam mengembangkan kemandirian anak di Kelompok B2 TK Kuntum Mekar 2 Sukarame Bandar Lampung, yaitu: (1) Menjadikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan (2) Kegiatan bercerita dapat menanamkan nilai-nilai moral dan keagamaan serta sejumlah pengetahuan sosial dalam membentuk pribadi anak (3) Metode bercerita dapat membantu anak membangun bermacam peran kemandirian (4) Media pembelajaran dalam menyampaikan niali-nilai kemandirian (5) Membuka cakrawala pengetahuan anak.e Kata kunci: Metode Bercerita, Kemandirian Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:59
Last Modified: 06 Jun 2017 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item