UPAYA MENGEMBANGKANKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN PADA KELOMPOK B.1 DI RAUDHATUL ATHFAL AL-ULYA 3 RAJA BASA BANDAR LAMPUNG

Dewi, Rini Irawati (2017) UPAYA MENGEMBANGKANKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN PADA KELOMPOK B.1 DI RAUDHATUL ATHFAL AL-ULYA 3 RAJA BASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RINI_IRAWATI_DEWI_EEE.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, kemampuan kognitif di RA Al-Ulya 3 Rajabasa Bandar Lampung relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni Metode pengembangan kognitif yang kurang tepat dengan karakteristik, kebutuhan, dan minat anak, Proses pengembangan masih banyak menggunakan lembar kerja anak sehingga anak menjadi kurang antusias dalam mengikuti proses pengembangan di RA Al-Ulya 3 Rajabasa Bandar Lampung. Maka mendorong peneliti untuk mengembangkannya melalui Permainan Mencari Harta Karun. Permainan harta karun metematika merupakan permainan mencari benda-benda yang terdapat angka matematika. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Mencari Harta Karun pada Kelompok B.1 di Raudhatul Athfal Al-Ulya 3 Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana peneliti menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil data penelitian pada siklus I diperoleh data anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dari 18 anak yang Belum Berkembang (BB) sebanyak 7 anak, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 7 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak yang memiliki jumlah persentase 11%. Hal ini menunjukkan penelitian ini belum berhasil karena belum mencapai indikator keberhasilan yakni 80% sebanyak 15 anak, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II dan diperoleh tidak ada anak yang Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB) sebanyak 1 anak yang memiliki jumlah persentase 6%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak yang memlilki jumlah persentase 11%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 15 anak yang memiliki jumlah persentase 83%. Berdasarkan hasil dari analisis siklus II maka penelitian ini dikatakan berhasil dan dapat disimpulkan bahwa Permainan Mencari Harta Karun dapat Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak pada Kelompok B.1 di RA Al-Ulya 3 Rajabasa Bandar Lampung. Kata kunci : Anak Usia Dini, Kognitif, dan Permainan Mencari Harta Karun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:40
Last Modified: 06 Jun 2017 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item