MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK LOKOMOTOR DI TAMAN KANAK-KANAK WIDYA BHAKTI TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Sulistiawati, Rike (2017) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK LOKOMOTOR DI TAMAN KANAK-KANAK WIDYA BHAKTI TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of rikesulistiawati_222.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motorik kasar adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu kegiatan yang menggunakan koordinasi otot-otot besar tubuh manusia. Sedangkan gerak lokomotor merupakan gerakan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya seperti, berlari, melompat, dan berjalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak lokomotor khususnya pada aspek kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan. Penelitian dijalankan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (studi kasus) melibatkan 3 orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor adalah sebagai berikut: (i) Menyediakan alat atau bahan yang menarik perhatian anak dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor, (ii) Memberikan arahan dan contoh pada anak dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor, (iii) Mengamati anak saat proses kegiatan mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui gerak lokomotor. Kata kunci : Kemampuan Motorik Kasar, Gerak Lokomotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:11
Last Modified: 06 Jun 2017 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item