IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

Wardani, Irma Surya (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_IRMA_LENGKAP_444.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan kurikulum yang telah ada sebelumnya, kurikulum ini dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan, bakat, atau keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (soft skill) dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilann teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya (hard skill). Sehingga dalam penyusunan implementasi Kurikulum 2013 PAI harus mempertimbangkan langkahlangkah sebagai berikut: 1) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 2) langkah-langkah pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan kurikulum pendidikan agama Islam, proses mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti yang lebih baik lagi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif/deskriptif kualitatif, menggambarkan suatu gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya serta diarahkan untuk memaparkan faktafakta, kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Jadi, melalui penelitian deskriptif ini agar penulis mampu mendiskripsikan tentang implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA N 1 Sukoharjo. Adapun yang menjadi sumber data primer didalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru PAI sedangkan yang menjadi data skunder antara lain yaitu: dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI agar dapat memperoleh hasil yang optimal maka guru harus bisa menjadi motivator peserta didik dengan baik dan bisa membawa dan mengarahkan potensi peserta didik tersebut. Keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013 melalui usaha-usaha kepala sekolah dan guru PAI yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mencapai visi, misi, dan tujuannya. Dalam upaya mengatasi hambatan sekolah telah berusaha meningkatkan kapasitas profesional dan kompetensi dengan berbagai pelatihan dan peningkatan keahlian dalam mengajar serta memberikan akhlak dan budi pekerti yang baik bagi peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:06
Last Modified: 06 Jun 2017 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item