IMPLEMENTASI AJARAN NTAREKAT QADIRIAH WA NAQSYABANDIYAH DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi di Desa Depok Rejo KecamatanTrimurjo Kabupaten Lampung Tengah)

Alviani, Havid (2017) IMPLEMENTASI AJARAN NTAREKAT QADIRIAH WA NAQSYABANDIYAH DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi di Desa Depok Rejo KecamatanTrimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tarekat Qadiriah Wa Naqsyabandiyah (TQN) adalah gabungan dari dua tarekat yaitu Tarekat Qadiriah dan Tarekat Naqsyabandiyah, yang mengajarkan dua aspek dzikir yaitu dzikir sirr dan dzikir jahr. Ajaran TQN diikuti oleh sebagian besar masyarakat di Desa Depok Rejo yang mayoritas beramaliah ala NU (Nahdatul Ulama) dan Ajaran ini diterapkan di dalam kehidupan keagamaan serta kehidupan social di masyarakat, agar dapat menambah ketaatan beragama dalam menjalin hubungan dengan Allah maupun dengan manusia. Penelitan ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), sedangkan sifat penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya diadakan perumusan kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan teori yang mendukung, penelitian ini menemukan bahwa ajaran Tarekat Qadiriah Wa Naqsyabandiyah di Desa Depok Rejo ada beberapa pengamalan ajaran tarekat dalam kehidupan sosial yaitu melakukan amalan dzikir, pengamalan dari segi prilaku (akhlak) seperti akhlak kepada Allah, akhlak kepada mueryid, akhlak kepada sesama, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada lingkungan serta bagaimana menanamkan sikap muraqabah. Ajaran TQN ini di Implementasikan dalam kegiatan beribadah dan muamalah oleh para pengikut tarekat maupun masyarakat yang tidak mengikuti tarekat. Adapun pengaruh ajaran TQN di Desa Depok Rejo ini memberi pengaruh positif terhadap kehidupan sosial dimasyarakat, yang meliputi tiga aspek yaitu dalam kehidupan keagamaan, kehidupan bersosial dan ekonomi. Dengan memunculkan prilaku dan sikap yang baik, mentaati norma-norma yang ada, menjalin hubungan yang harmonis dari segi apapun baik dari segi sosial, perekonomian dan kemaslahatan lainnya. Aktif dalam bidang keagamaan dan semakin menambah ketaqwaan diri kepada Allah. Dengan demikian Desa Depok Rejo semakin maju dari tahun-ketahun setelah adanya ajaran TQN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah Filsafat
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Jun 2017 01:44
Last Modified: 06 Jun 2017 01:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item