PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII

Ambarwati, Tira (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_TIRA_AMBARWATI_1111.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memperhatikan proses pembelajaran matematika dan proses kurang menarik, membosankan sehingga peserta didik tidak mamahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Buku saku merupakan buku yang berukuran kecil dan mudah di bawa kemanapun, buku saku yang berisikan mengenai materi pembelajaran, contoh soal dan latihan yang ada memberikan peserta didik mempelajarinya sendiri dengan mudah dan mampu mempresentasikannya di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Buku Saku Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pengembangan buku saku digital matematika yang dikembang secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan buku saku digital matematika menurut ahli media dan materi. Pada penilaian ahli materi pada buku saku digital matematika diperoleh nilai rata-rata 78%, penilaian pada ahli media yang diberikan penilaian pada buku saku digital adalah 76%. Uji coba yang telah dilakukan diperoleh uji coba terbatas yang terdiri dari 10 peserta didik diperoleh nilai skor rata-rata 80% dan uji coba lapangan yang terdiri dari 30 peserta didik diperoleh nilai skor ratarata 86%. Jadi, buku saku digital matematik pada materi himpunan menggunakan model pembelajaran problem solving yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar penunjang dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Buku Saku, Problem Solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:01
Last Modified: 05 Jun 2017 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item