PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH ANTARA SISWA BERASRAMA DENGAN NON ASRAMA DI MTs ISTIQOMAH ISLAMIYAH TULANG BAWANG BARAT

Rohmansyah, Tryas (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH ANTARA SISWA BERASRAMA DENGAN NON ASRAMA DI MTs ISTIQOMAH ISLAMIYAH TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir setelah proses kegiatan belajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu lingkungan tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Fikih antara siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal di luar asrama di MTs Istiqomah Islamiyah Tulang Bawang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitiannya yaitu statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Istiqomah Islamiyah yang berjumlah 45 yang terdiri dari 30 siswa berasrama dan 15 siswa nonasrama , sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling Karena jumlahnya yang tidak seimbang maka siswa nonasrama diambil seluruhnya, sementara siswa berasrama diambil sampel secara random sampling yaitu dengan cara undian. Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, yang tediri dari 15 siswa berasrama dan 15 siswa non asrama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 diterima dan Ha ditolak, yaitu Ternyata thit sebesar (0,15) dan dibandingkan dengan db α = 0,05t(0,05;28) adalah 1,70 maka 0,15 <1,70. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal diluar asrama pada mata pelajaran Fikih di sekolah MTs Istiqomah Islamiyah Tulang Bawang Barat dari segi kognitif. Dengan kata lain tinggal diasrama tidak memberi pengaruh kemampuan kognitif siswa dalam penguasaan materi Fikih. Kemungkinan besar pengaruh asrama terhadap siswa yang tinggal di asrama dalam bentuk sikap mental, perilaku keagamaan, sikap sosial dan kemandirian yang terbentuk melalui interaksi dan kebiasaan di asrama. Kata Kunci : Perbandingan Berasrama Dengan Nonasrama, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:45
Last Modified: 05 Jun 2017 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item