Rohmansyah, Tryas
(2016)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH
ANTARA SISWA BERASRAMA DENGAN NON ASRAMA DI
MTs ISTIQOMAH ISLAMIYAH
TULANG BAWANG BARAT.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Hasil belajar merupakan tujuan akhir setelah proses kegiatan belajar.
Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang
diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui
mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi
hasil belajar yaitu lingkungan tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Fikih antara siswa yang tinggal
di asrama dan siswa yang tinggal di luar asrama di MTs Istiqomah Islamiyah Tulang
Bawang Barat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis
penelitiannya yaitu statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas IX MTs Istiqomah Islamiyah yang berjumlah 45 yang terdiri dari 30 siswa
berasrama dan 15 siswa nonasrama , sedangkan sampel penelitian ini menggunakan
teknik Purposive Sampling Karena jumlahnya yang tidak seimbang maka siswa
nonasrama diambil seluruhnya, sementara siswa berasrama diambil sampel secara
random sampling yaitu dengan cara undian. Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 30
orang, yang tediri dari 15 siswa berasrama dan 15 siswa non asrama. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, dan wawancara. Analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada
analisis data didapat H0 diterima dan Ha ditolak, yaitu Ternyata thit sebesar (0,15) dan
dibandingkan dengan db α = 0,05t(0,05;28) adalah 1,70 maka 0,15 <1,70. Dengan
demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang
tinggal di asrama dan siswa yang tinggal diluar asrama pada mata pelajaran Fikih di
sekolah MTs Istiqomah Islamiyah Tulang Bawang Barat dari segi kognitif. Dengan
kata lain tinggal diasrama tidak memberi pengaruh kemampuan kognitif siswa dalam
penguasaan materi Fikih. Kemungkinan besar pengaruh asrama terhadap siswa yang
tinggal di asrama dalam bentuk sikap mental, perilaku keagamaan, sikap sosial dan
kemandirian yang terbentuk melalui interaksi dan kebiasaan di asrama.
Kata Kunci : Perbandingan Berasrama Dengan Nonasrama, Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Fikih.
Actions (login required)
 |
View Item |