PENGARUH PENAMBAHAN MADU DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKA, KIMIA DAN BIOLOGI YOGHURT SUSU JAGUNG (Zea mays L. Saccharata) (Studi Eksperimen Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Untuk Meningkatkan Materi Bioteknologi Pangan)

Putri, Kiki Ariska Wulandari (2017) PENGARUH PENAMBAHAN MADU DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKA, KIMIA DAN BIOLOGI YOGHURT SUSU JAGUNG (Zea mays L. Saccharata) (Studi Eksperimen Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Untuk Meningkatkan Materi Bioteknologi Pangan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Yoghurt adalah minuman yang enak, sehat dan banyak digemari oleh lapisan masyarakat. Minimnya inovasi dari olahan susu jagung manis maka telah dilakukan penelitian tentang pembuatan yoghurt susu jagung manis (Zea mays L. Saccharata). Tujuan dari penelitain ini adalah mengetahui pengaruh penambahan madu dan lama fermentasi yang tepat untuk menghasilkan karakteristik fisika, kimia dan biologi yoghurt susu jagung manis yang bermutu sesuai dengan SNI 2981: 2009. Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 kali pengulangan. Masing-masing perlakuan yaitu diberikan 10% madu dan lama fermentasi 6 jam, 8 jam dan 10 jam. Analisis data dengan menggunakan ANOVA. Dari percobaan yang dilakukan diketahui bahwa penambahan madu dan lama fermentasi berpengaruh pada karakteristik fisika rasa dan aroma, tetapi tidak berpengaruh pada tekstur dan warna serta kadar protein. Perlakuan yang paling berpengaruh yaitu perlakuan dengan lama fermentasi 10 jam. Hasil uji karakteristik biologi yoghurt yang dihasilkan bebas dari cemaran bakteri Coliform. Karakteristik fisika dan biologi yoghurt susu jagung manis sudah memenuhi kriteria SNI, tetapi karakteristik kimia yang dihasilkan dibawah minimal kriteria SNI. Kata kunci : yoghurt, jagung manis, madu, lama fermentasi, karakteristik fisika, kimia dan biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:22
Last Modified: 05 Jun 2017 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item