STUDI TENTANG KEPUASANA PELANGGAN ( CUSTUMER SATISFACTION) DALAM SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SMK MA.ARIF NU 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

SUPARNO, sup (2019) STUDI TENTANG KEPUASANA PELANGGAN ( CUSTUMER SATISFACTION) DALAM SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SMK MA.ARIF NU 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. PhD thesis, Pascasarjana Doctor.

[thumbnail of Suparno.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Diera reformasi industri 4.0 yang dikenal dengan era digital, setiap pekerjaan memerlukan keterampilan dan keahlian yang linier, jika hal ini tidak dihiraukan maka orang akan ditinggal oleh perubahan zaman yang kian hari melaju dengan pesatnya. Dampak dari ketertinggalan kemajuan teknologi adalah munculnya pengangguran baru, sebagai jawabanya adalah pendidikan fokasi (keterampilan /kejuruan). Untuk mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan fokasi maka perlu adanya sebuah upaya penelitian. Untuk hal ini maka peneliti mengadakan peneitian dengan judul "STUDI TENTANG KEPUASAN PELANGGAN (CUSTUMER SATISFACTION) DALAM SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SMK MA’Arif NU 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan meprediksi faktor-faktor yang mempengurhi kepuasan pelanaggan di SMK Ma'arf NU 1 Purbolinggo lampung Timur, yaitu: kualitas program keahlian, kualitas Pelayanan Akademik, kualitas produk dan pembiayaan pendidikan. Standar mutu yang digunakan sebagai dasar penetapan kepuasan pelanggan adalah Standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar biaya dan standar pelayanan. Masalah yang diteliti adalah kualitas program keahlian, kualitan pelayanan akademik, kualitas pruduk dan pembiayaan. Metoda Kualitatif, keabsahan data diambil melalui wawancara, dokumen dan observasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah Penliti, Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, wali murid dan siswa. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, Program keahlian sudah sesuai dengan standar isi, Kedua Pelayanan Akademik sudah sesuai dengan standar pelayanan sehingga sangat besar kontribusinya terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis model TERRA, mulai dari Tangibelity, Empaty, Responsivenes, Reliability dan Assurance. Ketiga, Kualitas produk yang didukung oleh guru-guru yang berkulifikasi SI yang sesuai dengan bidangnya , sarana pemebalajaran yang memadai sehingga menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas. Hal ini berarti sudah sesuai dengan standar proses. Keempat, Pembiayaan Pendidikan, Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo Lampung Timur dalam pengalokasian pembiayaaan pendidikan telah mengikuti aturan yang berlaku yaitu standar pembiayaan, diantaranya menyusun RAPBS, pengadakan pengawasan, dan mengadakan pelaporan keuangan dengan menyertakan bukti-bukti pendukung (kuitansi, nota). Dampak dari sistem pembiayaan mampu mewujudkan programp pendidikan, mengahasilka kualitas pelayanan akademik dan juga kualitas produk. Kata kunci : pelayanan akademik, produk, kepeuasan pelanggan

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:56
Last Modified: 21 Jun 2019 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item