KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF SYAIKH SHALIH FAUZAN AL FAUZAN

Naufal, Murtadho (2017) KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF SYAIKH SHALIH FAUZAN AL FAUZAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NAUFAL.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pendidikan aqidah adalah inti dari pendidikan Islam dan merupakan tujuan diutusnya para Rasul di muka bumi. Pendidikan ini dibawa oleh setiap Nabi dan Rasul. Seiring dengan penyebaran Islam, pendidikan aqidah tidak pernah terabaikan karena islam yang disebarkan oleh nabi adalah islam yang utuh, yakni keutuhan dalam Islam, iman dan ihsan. Aqidah yang benar tercermin dari kemurnian seluruh amal perbuatan dan ibadahnya hanya untuk Allah. Akhir akhir ini aqidah yang benar merupakan hal yang mahal dan sulit dicari. Minimnya pemahaman akan aqidah yang terkandung dalam al qur’an hadits akan semakin memperparah aqidah seseorang. Untuk membentuk aqidah yang benar, hendaknya penanaman aqidah terhadap anak digalakkan sejak dini, karena pembentukannya akan lebih mudah dibanding setelah anak tersebut menginjak dewasa. Kitab Tauhid membahas tentang pendidikan aqidah yang perlu kita aplikasikan dalam kehidupan, baik lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat sehingga akan tercipta pribadi yang santun sesuai tuntunan al qur’an. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan aqidah perspektif Syaikh Shalih Fauzan dan bagaimana relevansinya dalam konteks sekarang. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan aqidah perspektif Syaikh Shalih Fauzan serta bagaimana relevansinya dalam konteks sekarang. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penulisan penelitian ini. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang/pendukung data sekunder). Sumber primer dalam penulisan ini adalah karya atau tulisan asli Syaikh Shalih Fauzan Al Fauzan. Adapun sumber sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku akhlak aqidah yang relevan dengan pembahasan skripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis isi (content anaylisis). Adapun konsep pendidikan aqidah perspektif Syaikh Shalih Fauzan terdiri dari tiga bab yaitu : pembahasan tentang tauhid, al wala` dan bara, rukun iman, dan penyimpangan aqidah. Sedangkan relevansinya terhadap konteks sekarang terbagi menjadi dua yaitu : internal (sesuai dengan kurikulum aqidah MTs) dan eksternal (sesuai dengan permasalahan aqidah di tengahtengah masyarakat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:53
Last Modified: 05 Jun 2017 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item