EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG T.A 2016-2017

Arifah, Arina Zati (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG T.A 2016-2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk belajar keterampilan spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap peserta yang membuat peserta didik senang. Pembelajaran yang efektif memudahkan peserta didik untuk belajar sesuatu yang bermanfaat, seperti: fakta, keterampilan, nilai, konsep, cara hidup serasi dengan sesama, atau sesuatu hasil belajar yang diinginkan. Prasurve yang peneliti lakukan di Ma’had al-jami’ah UIN Raden Intan Lampung dengan mewawancarai salah satu pengurus yang memegang halaqah semester IV dan menurut data nilai PPI (Paktik Pengamalan Ibadah) mahasantri yang peneliti dapat bahwa pada pembelajaran PPI (Paktik Pengamalan Ibadah) mahasantri di Ma’had al- Jami’ah dirasa belum efektif. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap efektifitas pembelajaran PPI (Praktik Pengamalan Ibadah) mahasantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana efektifitas pembelajaran PPI (Praktik Pengamalan Ibadah) mahasantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran PPI (Praktek Pengamalan Ibadah) mahasantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penetitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawacara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, metode analisis data yang dilakukan dengan tiga langkah analisis data kualitatif, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ varification. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses efektifitas pembelajaran PPI (Praktik Pengamalan Ibadah) mahasantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung berjalan secara efektif, hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya segala indikator keefektifitasan pembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:19
Last Modified: 05 Jun 2017 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item