PENGEMBANGAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN GEOMETRI DI TK ISLAM MUTIARA WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG

Trisnawati, Tri Sinta (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN GEOMETRI DI TK ISLAM MUTIARA WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSII_FULL_222.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil hasil sebelumnya, kecerdasan kognitif di TK Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni metode pengembangan kognitif yang kurang tepat dengan karakteristik, kebutuhan dan minat anak, proses pengembangan masih banyak menggunakan lembar kerja anak sehingga anak menjadi kurang antusias dalam mengikuti proses pengembangan di TK Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung. Maka mendorong peneliti untuk mengembangkannya melalui Permainan Geometri membedakan bentuk seperti lingkaran, segitiga, dan persegi panjang. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak melalui Permainan Geometri di TK Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari emapat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil data penelitian pada siklus I diperoleh data anak dalam pengembangan kecerdasan kognitif anak dari 20 anak yang Belum Berkembang (BB) sebanyak 3 anak, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 5 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 3 anak, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 9 anak yang memiliki jumlah persentase 45%. Hal ini menunjukkan peneliti ini belum berhasil karena belum mencapai indikator keberhasilan yakni 80% sebanyak 16 anak, maka peneliti ini berlanjut pada siklus II dan diperoleh anak yang Belum Berkembang (BB) Sebanyak 1 anak yang memiliki jumlah persentase 5%, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 1 anak yang memiliki jumlah persentase 5%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak yang memiliki jumlah persentase 10%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 16 anak yang memiliki jumlah persentase 80%. Berdasarkan hasil dari analisis siklus II maka peneliti ini dikatakan berhasil dan dapat disimpulkan bahwa Permainan Geometri dapat Menembangkan Kecerdasan Kognitif Anak di TK Islam Mutiara Way Kandis Bandar Lampung. Kata kunci: Pengembangan, Kecerdasan Kognitif, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:45
Last Modified: 05 Jun 2017 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item