PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT PERMATA BUNDA III BANDAR LAMPUNG

Ramadhan, Kurnia Cahya (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT PERMATA BUNDA III BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_KURNIA_1111.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan wahana belajar mengajar yang dinamis sehingga perlu dikembangkan dan dinilai secara terus menerus berkelanjutan sesuai dengan perkembangan yang ada dimasyarakat. Pengembangan kurikulum adalah suatu proses yang menentukan bagaimana kurikulum akan berjalan. Sehingga dalam penyusunan pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan langkah – langkah sebagai berikut: 1) Perumusan tujuan; 2) Menentukan isi; 3) Memilih kegiatan dan 4) Merumuskan evaluasi. Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum pendidikan agama Islam yang lebih baik lagi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif/deskriptif kualitatif. Sedangkan menggunakan pendekatan deskriptif, karena tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis, tetapi hanya menggambarkan suatu gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya serta diarahkan untuk memaparkan fakta-fakta, kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Jadi, melalui penelitian deskriptif ini agar penulis mampu mendiskripsikan tentang pengembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung. Adapun yang menjadi sumber data primer didalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, sedangkan yang menjadi data skunder antara lain yaitu: dokumen – dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung yaitu dengan memadukan antara kurikulum Nasional dengan kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Sedangkan strategi yang digunakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan agama Islam diantaranya melakukan improvisasi kurikulum. Mengembangkan progam sekolah dan mentoring agama Islam serta melengkapi sarana dan prasarana yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran. Sedangkan tahap mengevaluasi pengembangan kurikulum merupakan tahap ahir dari segala kegiatan pengembangan, pada tahap ini diharapkan mampu memberikan informasi terhadap pengembangan kurikulum yang telah diterapkan di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung, baik segi ketercapaian hasil ataupun hambatan – hambatan yang dialami selama proses pengembangan kurikulum dilaksanakan. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Mutu Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Jun 2017 01:53
Last Modified: 05 Jun 2017 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item