IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENYELESAIAN MASALAH DI SDIT AR RAUDAH TAMIN BANDAR LAMPUNG

Sari, Maida (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENYELESAIAN MASALAH DI SDIT AR RAUDAH TAMIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_1.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Aktivitas kegitan pendidikan dapat efektif apabila individu dan kelompok kerja lainnya dapat menciptakan hubungan kerja saling mendukung satu sama lain, berupaya untuk tidak menciptakan perbedaan yang akhirnya akan menjadi sebuah konflik. Untuk menciptakan suasana sekolah menjadi lebih kondusif, diperlukan suatu strategi dalam mengelola konflik. Implemetasi manajemen konflik ternyata mampu menciptakan hubungan kerja yang harmoni dengan adanya saling menghargai perbedaaan, mau menerima masukan untuk kebaikan, saling menjaga dan menghargai satu sama lain, serta saling membangun komunikasi terbuka dengan penuh keikhlasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan satu variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan manajemen konflik di SDIT Ar-Raudah Tamin Bandar Lampung. Selain itu tujuan penelitian ini adalah 2). Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah dalam mengoptimalkan penerapan manajemen konflik. Penelitian yang dilakukan ini memperoleh hasil 1). Manajemen Konflik di sekolah secara tertulis dan terprogram tidak ada, 2). Dalam penerapan manajemen konflik kepala sekolah berkomunikasi dengan para bawahanya, 3). Konflik diselesaikan oleh kepala sekolah dengan melibatkan pihak-pihak yang terlibat konflik didalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kepala sekolah selalu menjalin komunikasi didalam penyelesaian setiap konflik yang terjadi di sekolah, 2). Kepala sekolah mengoptimalkan manajemen konflik dengan memahami hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik setiap individu, karena karakteristik individu di sekolah tentunya bebeda-beda, 3). Terdapat hubungan yang baik antara guru dan siswa, yang mana guru selalu menjalin komunikasi dengan baik kepada para siswanya. 4). Dengan mengadakan buku kejadian yang dikhusukan kepada para siswa hal tersebut ternyata dapat membantu untuk memperthatikan kemungkinan ternjadinya konflik. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada sekolah, 1). Kepala sekolah dapat menjalin komunikasi dengan baik kepada bawahanya, 2). Sekolah membuat program dalam menangani konflik yang terjadi di sekolah secara tertulis, 3). Untuk para guru agar dapat lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, dan tidak membawa permasalahan yang sedang dihadapi didalam kelas, 4). Seharusnya sekolah memiliki guru BK sendiri untuk dapat membantu didalam menangani konflik yang terjadi di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Jun 2017 01:49
Last Modified: 02 Jun 2017 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item