PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS VII MTS ISMARIA Al QURANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN2016/2017

Fitriyanti, F (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS VII MTS ISMARIA Al QURANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of fitriyanti_NN.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ismaria Al Quraniyyah Rajabasa Bandar Lampung menggunakan strategi yang sudah biasa digunakan sehingga membosankan peserta didik. Hal ini terbukti sewaktu proses pembelajaran berlangsung banyak peserta didik yang ramai dan kurang menunjukkan antusias kepada pelajaran yang diterimanya. Pemilihan strategi Card Sort sangat cocok dengan permasalahan yang ada, guru diharapkan mampu menerapkan berbagai Strategi yang bervariasi sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Card Sort (mensortir kartu) yaitu “suatu strategi yang digunakan pendidik untuk mengajak peserta didik menemukan konsep dan fakta melalui klasifikasi materi yang dibahas dalam pembelajaran. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas (classroom action research), dilaksanakan dalam bentuk siklus. Siklus I (2 x pertemuan) dan siklus II (2 x pertemuan), penelitian ini dilakukan dikelas VII MTs Ismaria Al-Qur‟aniyyah Bandar Lampung dengan jumlah siswa 30, 22 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya kompetensi dasar Meneladani Prestasi Khulafaur Rasyiddin bagi siswa kelas VII semester II di Madrasah Tsanawiyah Ismaria Al Quraniyyah Bandar lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Peneliti menetapkan ketuntasan belajar 75. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan siklus 1 yaitu 30 orang, peserta didik yang tuntas belajarnya berjumlah 19 orang atau 63,3 % dan yang tidak tuntas berjumlah 11 orang atau 36,7% dengan nilai rata-rata 76,7 , kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 0 orang peserta didik yang tuntas 28 orang atau 93,3% dan yang tidak tuntas 2 orang atau 6,6% dengan nilai rata rata 80,6. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila peserta didik MTs Ismaria Al Quraniyyah Bandar Lampung mendapat hasil belajar dengan nilai rata-rata 80 dapat tercapai. Atau secara klasikal mencapai 80% atau lebih. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Strategi Card Sort

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 May 2017 06:08
Last Modified: 30 May 2017 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item