PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PROFESIONALITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI BANDAR LAMPUNG

APRIANIS, APR (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PROFESIONALITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI BANDAR LAMPUNG. PhD thesis, Pascasarjana Magister.

[thumbnail of DISERTASI LENGKAP .doc] Microsoft Word
Download (2MB)

Abstract

Kinerja Guru yang berkualitas merupakan salah satu faktor terpenting dalam mendukung suksesnya kegiatan belajar mengajar di suatu lembaga pendidikan. Tanpa guru, proses pendidikan tidak akan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang baik. Atas peran yang penting ini maka sudah sepantasnya guru mendapatkan perhatian dari semua pihak, baik pemerintah, orang tua, kepala sekolah, manager serta stakeholder. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah ingin mengetahui : Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh budaya organisasi terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; Pengaruh profesionalitas guru terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung; dan Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, budaya organisasi, dan profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung. Instrumen utama yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan path analysis. Selain itu data dideskripsikan menggunakan analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menjelaskan kaitan variabel berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengolahan data menggunakan path analysis. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung sebesar 27,8%; (2) Pengaruh budaya organisasi terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung sebesar 28%; (3) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung sebesar 37,5%; (4) Kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung memiliki pengaruh langsung 14,9% dan pengaruh tidak langsung 6%; (5) Budaya organisasi terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung memiliki pengaruh langsung 16,8% dan pengaruh tidak langsung 6,02%; (6) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung memiliki pengaruh langsung 21,3% dan pengaruh tidak langsung 8,1%; (7) Pengaruh profesionalitas guru terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung sebesar 21,5%; dan (8) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, budaya organisasi, dan profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Bandar Lampung sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 14 May 2019 05:13
Last Modified: 14 May 2019 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item