PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Teams Game and Tournament (TGT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI ISMARIA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syari, Riza Maya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Teams Game and Tournament (TGT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI ISMARIA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini, penulis menggunakan model pembelajaran Teams Game and Tournament. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Game and Tournament terhadap peningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA di kelas IV MI Ismaria Al-Qur‟aniyah Bandar Lampung?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Game and Tournament terhadap peningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA di kelas IV MI Ismaria Al-Qur‟aniyah Bandar Lampung? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV MI Ismaria Bandar Lampung yang berjumlah 128 peserta didik. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik acak kelas, sehingga di dapat kelas IV A berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis yang digunakan umtuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji t (t test) pada data hasil pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis serta mengacu pada rumusan masalah pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Teams Game and Tournament dan konvensional. Peningkatan Pemahaman Konsep menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Game and Tournament lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu menggunakan metode ekspositori. Rata-rata peningkatan hasil belajar IPA yang menggunakan model pembelajaran Teams game and Tournament thitung = 2,310 dan ttabel = 1,99897 yang berarti thitung > ttabel. Dengan demikian kemampuan rata-rata peserta didik termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Teams Game and Tournament (TGT), Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 May 2017 06:56
Last Modified: 22 May 2017 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item