UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSAKU LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG

Anggraini, Reni (2017) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSAKU LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan (golden age) bagi anak, masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pertama dalam pengembangan kemampuan fisik, bahasa, kecerdasan interpersonal, seni, moral dan nilai-nilai agama. Dengan demikian upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal anak harus dimulai sejak dini. Dari salah satu upaya dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dapat dilakukan dengan menggunakan metode bermain peran, metode ini dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan komunikasi sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 21 anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Mutiara Bangsaku Langkapura Bandar Lampung yang terdiridari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kecerdasan interpersonal anak yang meliputi tiga dimensi kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan komunikasi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75 % anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bermain peran. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan interpersonal diperoleh data 17 anak sebesar 70,6% memenuhi kriteria BB, Pelaksanaan Siklus I mengalami peningkatan menjadi 11 anak sebesar 51,97% yang memenuhi kriteria MB dan pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 anak sebesar 80,53% memenuhi kriteria BSH. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan interpersonal anak meningkat dengan menggunakan metode bermain peran. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup. Kata kunci: kecerdasan interpersonal anak, bermain peran, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: ?? PGRA ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 May 2017 04:10
Last Modified: 22 May 2017 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item