IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF DI SMA ASSALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN

DESI FATMASARI, FAT (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF DI SMA ASSALAM TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah.

[thumbnail of SKRIPSI DESI FATMASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan peran penting dalam kompetensi guru. Dan kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagiterjadinya proses belajar di kelas. Keberadaannya cukup berpengaruh dalam pendidikan, peserta didik bukan lag isubyek yang harus selalu aktif, sedangkan guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang kondusif. Hasil prasurvey di SMA AssalamTanjung Sari Lampung Selatan dalam proses belajar dibutuhkan adanya efektifitas ,karenakan dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan, telah melaksanakan manajemen kelas ,namun masih ada peserta didik yang motivasi belajarnya kurang, sehingga penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana Implementas iManajemen Kelas Yang Efektif Di SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Kelas Di SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna , penalaran, definisi situasi tertentu,dan sertamenggunakan gambaran apa adanya dengan perilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun obyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan, alat yang digunakan penelitian adalah menggunakan metode, observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan data berfikir induktif,yaitu pemikiran yang dari fakta-fakta ataupun peristiwa-peristiwa khusus. Dari kesimpulan penelitian Manajemen Kelas yang Efektif di SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan ,yaitu dari tujuan pengajaran , dan pengaturan waktu , pengaturan ruangan, begitu pun dalam pengelompokan siswa dalam belajar. Adapun peran lain yang dilaksanakan oleh manajemen kelas dengan organisasian pembelajaran, komunikasih secara efektif. Penguasaan dan antusiasme terhadap mata pelajaran dan sikap positif terhadap peserta didik begitupun dalam pendekatan pembelajaran di kelas. Kata kunci: pelaksanaanManajemenKelas Yang Efektif .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 14 May 2019 05:10
Last Modified: 14 May 2019 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item