PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP PENGUASAAN MATERI BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Susana, Deni (2017) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP PENGUASAAN MATERI BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap penguasaan materi biologi siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperiment dimana desain penelitian yang digunakan adalah Postest only control design. Dalam penelitian sampel yang digunakan kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Instrumen penelitian berupa tes serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, yang dilakukan dengan menggunakan Uji-t menunjukkan bahwa thitung = 6,913 dan ttabel = 1,996, Karena thitung > ttabel maka H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet memberikan pengaruh dalam peningkatan penguasaan materi biologi siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Bahan ajar leaflet dalam pembelajaran biologi belum pernah digunakan SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Kata kunci : Bahan Ajar Leaflet , Penguasaan Materi Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 22 May 2017 03:42
Last Modified: 22 May 2017 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item