PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI ISMARIA AL QUR’ANNIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Novianti, Lina (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI ISMARIA AL QUR’ANNIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of rangkuman_skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat belajar peserta didik dipandang sebagai kemampuan yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dalam rangka menghadapi pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaraan dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V MI Ismaria Al Qur’anniyah Bandar Lampung. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa bosan dan kurang bersemangat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimen Design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Ismaria Al Qur’anniyah Bandar Lampung. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen V A dan kelas kontrol V B. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas dengan materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar IPA. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran card sort berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung =3,099 dengan sampel sebanyak 60 peserta didik dan taraf signifikan Ftabel = F (0,05,60) = 0,75. Terlihat bahwa thitung>ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Card Sort, Minat Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 May 2017 04:17
Last Modified: 17 May 2017 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item