PENGEMBANGAN RUBRIK PERFORMANCE ASSESMENT BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS ( KPS ) PADA PRAKTIKUM SISTEM RANGKA MANUSIA DI SMA SURYA DHARMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Sari, Mita (2017) PENGEMBANGAN RUBRIK PERFORMANCE ASSESMENT BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS ( KPS ) PADA PRAKTIKUM SISTEM RANGKA MANUSIA DI SMA SURYA DHARMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode bercerita melalui media merupakan pemberian pengalaman belajar kepada anak usia dini dengan membawakan cerita secara lisan menggunakan alat peraga untuk menarik perhatian dan menyentuh perasaan anak. Metode bercerita dapat mengembangkan aspek perkembangan pada anak terutama aspek bahasa. Bahasa adalah alat komunikasi antara individu untuk menyatakan pikiran, perasaan dan keinginannya. Hal ini bertujuan agar anak dapat dengan mudah berkomunikasi dan menyampaikan ide dan pendapat-pendapatya kepada orang lain. Penerapan metode bercerita divariasi dengan media akan lebih memotivasi anak dan mengkonkretkan konsep-konsep yang abstrak sehingga anak lebih memahami gambaran dari isi cerita. Adapun masalah yang dihadapi di TK Kurlita bahwa perkembangan bahasa anak masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan Metode bercerita melalui media dapat mengembangkan bahasa anak di TK Kurlita Tanjung Anom Kabupaten Pringsewu. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode bercerita melalui media dapat mengembangkan bahasa anak di TK Kurlita Tanjung Anom Kabupaten Pringsewu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan bahasa anak dari 20 peserta didik menunjukkan bahwa pada siklus I yang berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu 50 %, mulai berkembang (MB) 30% dan yang belum berkembang (BB) 20%. Pada siklus II yang berkembang sesuai harapan (BSH) 80%, mulai berkembang (MB) 15%, dan yang belum berkembang (BB) hanya 5%. Ini menunjukkan bahwa Metode Bercerita melalui media dapat mengembangkan bahasa anak di TK Kurlita Tanjung Anom Kabupaten Pringsewu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 17 May 2017 03:56
Last Modified: 17 May 2017 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item