ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN THE KEIRSEY TEMPERAMENT SORTER (KTS) SISWA SMA

Hasanah, Uswatun (2017) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN THE KEIRSEY TEMPERAMENT SORTER (KTS) SISWA SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa masih rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya diberikan latihan soal dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan diambil data mengenai proses berpikir kreatif siswa. jika dilihat berdasarkan dari tipe kepribadian the keirsey temperament sorter (KTS) siswa SMA. Tahap yang digunakan dalam proses berpikir kreatif adalah proses berpikir kreatif menurut Wallas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yaitu adalah penelitian yang mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek penelitian adalah 4 peserta didik dari kelas X.1 dan X.2 SMAN 4 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan subjek menggunakan tekhnik purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti dan istrumen bantu adalah tes hasil tertulis dan hasil wawancara pada masalah matematika pada tahap I dan tahap II. Teknik analisis data meliputi: (1) data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara; (2) dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara; (3) kemudian ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan proses berpikir kreatif peserta didik dengan tipe kepribadian Guardian pada tahap iluminasi peserta didik kurang dapat mengembangkan ide yang dimiliki sehingga kurang tepat dalam menerapkan alternatif lain. (2) kemampuan proses berpikir kreatif peserta didik dengan tipe kepribadian Artisan pada tahap inkubasi peserta didik merasa cepat bosan dengan pembelajaran yang menuntutnya terlalu fokus. (3) kemampuan proses berpikir kreatif peserta didik dengan tipe kepribadian Rational sudah dapat melewati semua tahapan dengan baik yaitu pada tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, maupun tahap verifikasi dengan baik. (4) kemampuan proses berpikir kreatif peserta didik dengan tipe kepribadian Idealis sudah dapat melewati semua tahapan dengan baik namun kurang sempurna yaitu pada tahap verifikasi berhasil menerapkan beberapa idenya namun bernilai kurang tepat. Kata Kunci: Proses berpikir kreatif, Tipe kepribadian The Keirsey Temperament Sorter (KTS), Teori Wallas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 May 2017 03:17
Last Modified: 16 May 2017 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item