PENERAPAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ SUMMARIZE, TEST) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI ISMARIA AL-QUR’ANIYAH ISLAMIYAH RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wahono, W (2017) PENERAPAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ SUMMARIZE, TEST) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI ISMARIA AL-QUR’ANIYAH ISLAMIYAH RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (642kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di MI Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung belum mencapai hasil yang maksimal, dikarenakan Peserta didikyang tidak banyak dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pendidik dianggap sebagai pusat pembelajaran, Salah satu cara yang dipilih untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran Peserta didik adalah dengan menerapkan Metode pembelajaran yang menuntut Peserta didik untuk aktif dalam kelas. Metode PQRST (Preview, Question. Read, Summarize, Test) merupakan suatu metode belajar yang meminta Peserta didik untuk melakukan Preview (membaca sekilas), Question (bertanya), Read (membaca), Summarize (meringkas), dan test (menguji). Metode pembelajaran PQRST (Preview, Question. Read, Summarize, Test) yaitu metode pembelajaran yang tujuannya adalah untuk mengaktifkan Peserta didik dalam belajar dengan melalui tahapan demi tahapan, dari kegiatan preview, question, read, summarize, dan test terhadap diri sendiri. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Metode PQRST(Preview, Question. Read, Summarize, Test)dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didikpada mata pelajaran Fiqihkelas V . Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini bahwa“Apakah penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test)dapat meningkatkan hasil belajarPeserta didik pada mata pelajaran FiqihKelas V MI Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Subyek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VMI Ismaria Al-Qur’aniyah islamiyah Raja Basa Bandar Lampung yang berjumlah 34 orang.Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini meliputi dua siklus.Materi yang diajarkan pada siklus I dan II tentangMakanan dan minuman yang halal dan haram.Instrument yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar observasi untuk mengukur tingkat hasil belajarPeserta didik, panduan wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test)dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Fikih pada Peserta didikdalam pokok bahasanMakanan dan minuman yang halal dan haram dengan persentase hasil belajarPeserta didik yang relevan dengan kegiatan pembelajaran dari siklus I ke siklus II yang meningkat sebesar 26,47%% dan di akhir siklus II mencapai target yang ditentukan sebesar 82.35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test)dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran FiqihKelas V MI Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja BasaBandar Lampung Tahun 2016/1017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 May 2017 01:51
Last Modified: 16 May 2017 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item